Honda Brio Satya, Konsumsi BBM Irit Harga Minimalis

Honda baru saja meluncurkan mobil murahnya yang digunakan dalam program pemerintah mengenai mobil murah ramah lingkungan atau LCGC. Mobil murah Honda itu bernama Brio Satya yang dibekali mesin 1.2 liter.

Salah satu syarat LCGC yang diatur oleh pemerintah adalah masalah konsumsi bahan bakar yang harus mencapai 1 liter untuk 20 km. Lalu berapa konsumsi BBM mobil murah Honda? Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy mengatakan kalau pihaknya sudah melakukan pengujian internal tapi tidak bisa dipublikasikan.

Tapi, lanjut Jonfis karena Brio Satya ini sudah lolos dari peraturan LCGC itu artinya konsumsi BBM-nya sudah memenuhi peraturan dan sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Pemerintah kan mengatakan harus 1:20, berarti konsumsi BBM Brio Satya sudah segitu, tapi ya plus minus 4 persen dan tergantung dari konsisi jalal,” kata Jonfis di sela-sela media test drive Brio Satya di Jakarta.

Pengujiannya itu lanjut Jonfis menggunakan bahan bakar jenis pertamax karena didalam peraturannya menyebutkan kalau mobil murah itu harus menggunakan bahan bakar jenis premium.

“Bahan bakarnya pertamax karena peraturan pemerinta juga kan demikian. Pengetesannya di mesin dan rodanya jalan, mirip dyno tes, dan dilakukan di BPPT,” katanya lagi.

Ditambahkan, pengujian tersebut dilakukan dengan cara simulasi seperti berada di dalam kota dan kondisi jalan-jalan yang lainnya.

Sumber: DETIK.COM, ADITYA M

Comments are closed.

Join us @